Wednesday, March 21, 2012

Macam dan Jenis Bururng Pleci (Mata Puteh)

Kicau Burung Nusantara siapa yang tidak mengenal burung yang satu ini, yaitu burung Pleci, mata puteh, atau burung kacamata dan nama ilmiahnya adalah Zosterops. Burung Pleci semakin naik saja pamornya, bagaikan seorang artis di tv, karena semakin mahal pula harga burung pleci ini, harga mulai dari 4000 sekarang mungkin sudah mencapai 25.000ribu per ekor, burung pleci atau zosterops ini sangat banyak sekali jenisnya, mulai dari kaca mata jawa, kacamata topi hitam, kacamata gunung dan banyak lagi jenis burung pleci ini, langsung saja kita simak untuk jenis dan penyebarang burung kacamata . . .
Burung suku Zosteropidae (burung kacamata dan opior) adalah burung suku besar yang terdapat di Afrika, Asia, dan Australia. Burung ini dinamakan burung kacamata karena kebanyakan anggotanya memiliki lingkar bulu keperakan di sekitar mata (terlihat seperti kacamata).

Umumnya burung kacamata dan opior berukuran kecil, panjang antara 9 cm sampai yang terbesar 14 cm, seperti cikrak dengan bulu zaitun kehijauan atau kekuningan, paruh kecil, ramping, dan sedikit melengkung, sayap pendek, dan kaki kecil kuat.

Burung ini sangat gesit, bergerak tidak kenal lelah. Sering membentuk kelompok campuran, beterbangan di antara puncak pohon, mencari buah-buahan kecil dan serangga. Seperti sesap madu, mendatangi bunga-bungaan untuk mengisap madunya.

Suara berupa cicitan dan ketikan. Sarang berbentuk mangkuk yang bersih dan rapi, ditempatkan pada percabangan pohon.

Ada sepuluh jenis burung ini di kawasan Sunda Besar (Kalimantan, Jawa-Bali dan Sumatera).

Berikut ini gambar-gambarnya (klik dua kali untuk melihat ukuran normal):zosterops meyeni,<br />zosterops species,<br />zosterops lateralis,<br />zosterops poliogaster,<br />zosterops senegalensis
zosterops palpebrosus,<br />zosterops japonica,<br />zosterops japonicus,<br />zosterops somadikartai,<br />zosterops palpebrosa
zosterops,<br />abyssinian white-eye,<br />black-capped white-eye,<br />black-crowned white-eye,<br />black-ringed white-eye,<br />cream-throated white-eye,<br />mascarene white-eye,<br />western silvereye,<br />white-chested white-eye
<br />zosterops,<br />zosterops lateralis,<br />zosterops japonicus,<br />zosterops palpebrosus,<br />zosterops albogularis,<br />zosterops natalis,<br />zosterops strenuus,<br />zosterops citrinella,<br />zosterops senegalensis,<br />zosterops chloris
zosterops strenuus,<br />zosterops citrinella,<br />zosterops senegalensis,<br />zosterops chloris
zosterops lateralis,<br />zosterops japonicus,<br />zosterops palpebrosus,<br />zosterops nehrkorn,<br />zosterops albogularis,<br />zosterops meyeni,<br />zosterops senegalensis,<br />zosterops capensis,<br />zosterops for sale
black-ringed white-eye,<br />cream-throated white-eye,<br />mascarene white-eye,<br />western silvereye,<br />white-chested white-eye
zosterops,<br />abyssinian white-eye,<br />black-capped white-eye,<br />black-crowned white-eye
black-crowned white-eye,<br />black-ringed white-eye,<br />cream-throated white-eye,<br />mascarene white-eye
burung pleci,mascarene white-eye,<br />western silvereye,<br />white-chested white-eye
burung mata puteh,black-crowned white-eye,<br />black-ringed white-eye,<br />cream-throated white-eye
burung mata puteh,zosterops,burung kacamata,burung pleeciKicau Nusantara
Burung kacamata yang hanya endemik di wilayah Sumatera adalah burung kacamata Enggano atau Zosterops salvadorii, sementara burung yang khusus endemik di Jawa adalah burung Opior Jawa (Lophozosterops javanikus) yang terdiri dari L. j. javanica (Jawa Tengah) dan L. j. frontalis (Jawa Barat).

Burung kacamata dan opior endemik Kalimantan adalah burung kacamata belukar atau Zosterops everetti, burung opior kalimantan atau Oculocincta squamifrons, burung opior mata hitam atau Chlorocharis emiliae.

Burung kacamata topi-hitam atau topi-hitam Zosterops atricapilla hanya endemik di Kalimantan dan Sumatera sementara burung kacamata jawa atau Zosterops flaus endemik di Jawa dan Kalimantan.
Burung opior yang khusus endemik di Jawa dan Bali adalah burung opior jawa atau Lophozosterops javanikus. Sementara burung kacamata gunung atau Zosterops montanus hanya ada di Sumatera, Jawa dan Bali.
Burung kacamata yang merupakan endemik di Sumatera, Jawa-Bali dan Kalimantan adalah burung kacamata laut atau Zosterops chloris.

Ciri-ciri identifikasi burung kacamata
Kacamata biasa atau Zosterops palpebrosus terdiri dari ras Z. p. melanura (bagian terbesar jawa) dengn perut kuning seluruhnya, dan ras Z. p buxtoni dan auriventer (jawa ujung barat, Kalimantan, Sumatera) memiliki pita kuning sempit pada perut tengah bawah.

Kacamata Enggano atau Zosterops salvadorii seperti Kacamata biasa tetapi perut berwarna putih krem.
Kacamata topi-hitam atau Zosterops atricapilla memiliki kening dan mahkota kehitaman.
Kacamata belukar Zosterops everetti seperti Kacamata biasa tetapi pita pada dada bawah tengah kuning lebih lebar; mahkota depan kekuningan.
Kacamata gunung atau Zosterops montanus punya iris pucat; tidak ada warna kuning pada perut; sisi tubuh kecoklatan.
Kacamata Jawa Zosterops flaus lebih kecil dan lebih kuning dari kacamata laut; tidak ada hitam pada kekangnya.
Kacamata laut Zosterops chloris berukuran lebih besar dan pucat daripada kacamata jawa; bintik di sekitar kekang hitam.
Opior Jawa atau Lophozosterops javanikus pada tenggorokan berwarna abu-abu, lingkar mata tidak lengkap, dan kekang kuning. Burung ini ada dua jenis yakni L. j. javanica (Jawa tengah) dan L. j. frontalis (Jawa barat).
Opior Kalimantan atau Oculocincta squamifrons berukuran sangat kecil; lingkar mata putih sempit; mahkota depan berbintik-bintik.
Opior mata-hitam atau Chlorocharis emiliae berukuran besar; paruh panjang kemerahan; lingkar mata dan kekang hitam.

Sumber informasi dan gambar: Buku Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan, oleh John MacKinnon, Karen Phillipps dan Bas van Balen, terbitan LIPI – Burung Indonesia.
Semiga dengan pencerahan artikel di atas para kicau nusantara bisa membedakan jenis burung pleci dan semoga bermanfaat.
Other Post Kicau Nusantara :

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright (c) 2010 Info dan Tips Perawatan Burung. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes And TM Web Design.