Saturday, March 24, 2012

Cara Mudah Membedakan Sarang Sriti Dan Wallet

Kicau Nusantara Sarang Unik dari burung wallet adalah sarang burung walled ini terbuat dari air liurnya dan yang lebih mencengangkan lagi adalah harga sarang walet ini mencapai puluhan juta per kilonya, dan bagaiman membedakan sarang sriti dan sarang wallet. Sarang Wallet Collocalia Fuciphaga terbuat dari air liur wallet tersebut. Sedagkan sarang sriti terbuat dari daun cemara dan air liur burung serta lumut, jelas mencolok sekali perbedaan antara sarang wallet dan sriti antara air liur murni dan sarang dari daun cemara.
sarang wallet,contoh sarang wallet,sarang wallet dengan kwalitas ASarang
Sriti Collocalia Esculenta dibangun dari material seperti daun cemara, rumput, dan lumut laut yang direkatkan oleh air liur burung. Sedangkan sarang walet Collocalia fuciphaga murni terbuat dari liur walet. Harga sarang sriti lebih murah, berkisar Rp500.000/kg; sarang walet Rp 10-juta/kg tergantung kualitas.

Ada dua kriteria untuk menentukan kualitas sarang walet.
Yang pertama bentuk sarang.
Sarang utuh seperti balkon, tidak pecah, dan punggung mulus bernilai jual tinggi. Bentuk sarang sempurna seperti itu dihasilkan dari rumah walet yang memiliki kelembapan optimal 80-90% dan dipanen tepat waktu. Bila kelembapan terlalu tinggi, sarang akan lembek dan berjamur. Sebaliknya bila udara terlalu kering, sarang rapuh dan mudah remuk.
Berikutnya warna sarang.
Warna asli sarang walet putih. Namun, warna itu dapat berubah kekuningan hingga merah darah. Apabila sirkulasi udara dalam rumah tidak optimal, misalnya udara terlalu basah, sarang akan berjamur, kusam, dan berubah kecokelatan. Sarang kusam sulit dijual karena standar yang diminta berwarna putih, kuning, atau merah cerah.
Semoga dengan artikel di atas mempermudah rekan Kicau Nusantara dalam Membedakan sarang Sriti dan Wallet untuk kebutuhan bisnis anda, jangan lupa komentarnya rekan untuk membuat blog ini semakin maju ;p

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright (c) 2010 Info dan Tips Perawatan Burung. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes And TM Web Design.