Tuesday, March 27, 2012

Indukan yang Bagus Untuk Ayam Bekisar

Kicau Nusantara Ayam Bekisar Banyak di cari oleh penggemar ayam cantik, berikut cara-cara memilih indukan ayam bekisar dari memelih ayam jantan dan ayam betina, mengapa harus memilih indukan yang bagus ??? Secara alamiah indukan ayam bekisar yang bagus akan menghasilkan anakan yang bagus pula, mari kita simak artikel di bawah ini . . .

Banyak tips untuk
memilih ayam hutan jantan dan juga ayam kampung sebagai indukan bekisar. Salah satu tips tersebut pernah dipaparkan di Majalah Trubus yang kemudian juga dibukukan dengan judul “Mencetak aneka bekisar”. Berikut ini antara lain tips tersebut.

Untuk menghasilkan bekisar yang bermutu bagus pilihlah pejantan berupa ayam hutan hijau yang sehat, tubuhnya besar dan bagus serta jenggernya tegak, berwarna cemerlang. Selain itu pejantan harus bersuara bagus dan rajin berkokok karena suara inilah yang menjadi daya tarik keturunannya nanti. Pejantan juga harus pemberani karena pada umumnya ayam hutan takut kepada ayam kampung. Untuk bisa dikawinkan, dipiloih ayam hutan jantan yang sudah berumur lebih dari dua tahun.

Ayam hutan hijau memiliki kombinasi warna bulu hitam, merah dan hijau mengkilat. Jenggernya tebal dan tegak berdiri. Pialnya hanya satu. Bentuk tubuhnya gagah dan bagus dengan pandangan mata tajam. Bila disilangkan dengan ayam kampung, sifat-sifat ini akan diturunkan ke anakannya.

Memilih induk betina
Secara umum, pilih ayam kampung betina sebagai indukan yang sehat, besarnya tidak melebihi ayam hutan jantan, berbulu tebal dan berjengger wilah (bergerigi). Pilih yang berumur lebih dari enam bulan, koteknya keras serta panjang.

Panduan kotek ayam betina seperti ini dengan kokok ayam hutan yang bagus akan menghasilkan bekisar yang bersuara bagus pula. Selain mewariskan bentuk jengger dan suara pada anak-anakannya, induk betina juga menentukan variasi warna bulu keturunannya.

Cara menghasilkan aneka bekisar
- Cara menghasilkan bekisar berbulu merah:
Pilih induk ayam jantan hijau dan jodohkan dengan betina warna merah, hitam merah atau kecoklatan. Indukan betina berbulu hitam bisa dihasilkan dengan menyilangkan jago cemani berbulu hitam yang bersuara bagus dengan cemani betina hitam berukuran kecil. Anak perkawinan itu disilangkan dengan ayam hutan hijau jantan.

- Cara menghasilkan bekisar berbulu putih:
H Ali Thamim, seorang pakar sekaligus penangkar bekisar di Jakarta, mengawinkan ayam kampung jantan dan betina yang sama-sama berbulu putih. Keturunannya (F1) dikawinkan dengan sesamanya (F1). Hasil perkawinan antara F1 ini (berupa F2) juga dikawinkan dengan sesamanya dan menghasilkan F3. Demikian seterusnya sampai F5. Setelah diperoleh F5 yang berbulu putih, lalu dikawinkan dengan ayam hutan hijau. Hasil perkawinan ini berupa bekisar berbulu putih mulus.

Bisa juga ayam hutan jantan yang berwarna hujau dikawinkan dengan ayam kampung berbulu putih tanpa melalui seleksi sampai F5. Namun bekisar yang dihasilkannya umumnya tidak putih mulus.

Bisa juga dengan mengawinkan ayam ras jantan yang berbulu putih dengan ayam kampung betina yang berwarna putih. Ayam ras jantan berbulu putih ini gen warna putihnya lebih kuat dibandingkan ayam kampung. Oleh karena itu warna putih akan diwarikan ke anak-anaknya. Keturunan pertama (F1) dikawinkan dengan sesama F1 sehingga diperoleh F2. Keturunan kedua (F2) yang berukuran kecil dan berwarna putih dikawinkan dengan ayam hutan jantan berwarna hijau. Perkawinan ini akan menghasilkan bekisar berwarna putih mulus.

Ada juga tips, bekisar putih bisa dihasilkan dengan mengawinkan betina ras berbulu putih dengan jantan kampung berbulu putih atau warna lainnya. Kemudian keturunannya yang berwarna putih mulus dikawainkan dengan ayam hutan jantan berwarna hijau.

- Cara menghasilkan bekisar berwarna bulu kuning, abu-abu, jali dan wido:
Untuk menghasilkan bekisar dengan warna tertentu yang kita inginkan, kita harus mencari betina indukan yang berwarna yang kita inginkan. Sedangkan untuk mendapatkan bekisar wido bisa diperoleh dengan mengawinkan jago kampung berbulu putih hingga diperoleh F1. Keturunan pertama ini dikawinkan dengan sesamanya sehingga diperoleh F2. Keturunan kedua ini dikawinkan dengan ayam hutan hijau jantan. Hasilnya berupa bekisar berbulu wido, merah dan blorok.

Bekisar wido bisa juga diperoleh dari ayam betina berbulu wido atau hitam yang di leher dan sayapnya mempunyai sedikit warna keperakan. (*) source agroburung.com

Semoga dengan adanya artikel di atas akan menambah wawasan rekan kicau Nusantara tentang memilih indukan ayam bekisar dan semoga bermanfaat

Other Post Kicau Nusantara :

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright (c) 2010 Info dan Tips Perawatan Burung. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes And TM Web Design.