Monday, March 19, 2012

Cara Memilih Bakalan Prenjak

Kicau Nusantara Bagaimana cara memilih Bakalan prenjak yang baik. Burung Prenjak sangat Unik suaranya, sehingga para Penggemar KicauMania suka akan burung yang kecil dngan warna agak kecoklatan ini, Burung Prenjak biasanya berhabitat di sawah dan di semak-semak, burung ini sangat menarik unutk di pelihara, dan bagaimana membedakan dan memilih prenjak untuk di pelihara ??? berikut tipsnya . . .
prenjak putih,</div><div>prenjak merah,</div><div>prenjak sawah,</div><div>merawat prenjak,</div><div>prenjak jali,</div><div>prenjak kacamata
Burung Prenjak merupakan burung kecil yang mempunyai suara yang keras dan lantang seolah olah tidak mau mengalah dengan burung kicauan yang lain. Burung ini termasuk burung petarung juga. Burung ini memang agak sukar untuk dipelihara. Tetapi jika anda berhasil memeliharanya pasti sangat puas deh..dijamin ramai rumah anda dengan kicauannya. Bagi anda yang tertarik untuk memeliharanya, tentu anda harus bisa memilih mana bakalan jantan dan mana bakalan betina karena burung prenjak yang rajin berkicau adalah yang jenis jantan. lalu bagaimanakah cara memelihara dan memilih bakalan yang baik? Disini anda akan saya beritahu sedikit tentang ciri-ciri burung prenjak jantan yang bagus sesuai pengalaman saya dan teknik pemeliharaannya.
burung prenjak, prenjak mp3, prenjak jawa, suara prenjak, prenjak putih
Bila anda memilih dipasar burung, maka keterangan berikut dapat membantu anda :
1. Pilih yang berdada sangat hitam..atau full hitamnya
2. Pilih yang energik alias semangat dan pemberani jika kita dekati.
3. Jika kita lihat ekornya selalu diangkat keatas seolah-olah mau bertarung
4. Pilih yang bulunya cerah
5. Ada satu tips lagi yaitu dikepalanya terdapat beberapa bulu semacam rambut yang terjuntai keluar
6. Paruh dan Tenggorokan tampak kehitaman.
7. Pilih yang berkepala Besar dan Bodi yang sepadan dengan kepala, hal ini menandakan keindahan tubuh dan suaranya bakal lantang dengan volume tebal.
prenjak, prenjak gacor, prenjak merah, prenjak sawah, prenjak gunung, prenjak betina, prenjak juara, prenjak master, prenjak putih, prenjak padiNah itu sedikit tips dari saya untuk memilih bakalan prenjak yang baik, dengan teknik pemeliharaan untuk burung bakalan adalah :
  • Setiap pagi keluarkan burung untuk dipanaskan sekitar 30 Menit kemudian semprot atau mandikan burung prenjak bakalan dengan semprotan yang lembut agar burung tidak takut.
  • Kemudian jemur burung di dekat lalu lalang orang agar cepat jinak.
  • Berikan makanan berupa ulat kandang satu sendok teh dan campurkan dengan vour. cuku satu sendok teh saja sehari supaya burung bila lapar mau mencicipi vour, yang akhirnya lama kelamaan dia akan terbiasa makan vour.
  • Berikan Kroto 2 hari sekali atau 3 hari sekali untuk merangsang agar cepat bunyi
  • Lakukan penyemprotan setiap hari agar burung cepat jinak.
  • Sesekali pertemukan dengan burung sejenis yang jantan juga agar burung terangsang untuk bunyi. dan melihat keberaniannya dalam bertarung.
Jenis2 prenjak bermacam2 :
Prenjak kebun/ciblek : dominan abu2 dipunggung,keputih2an didada s/d perut,ekor panjang mengembang,ada bintik putih dibagian bulu ekor,paruh hitam pekat agak panjang
Prenjak sawah/alang2 : dominan abu2 sama dgn diatas,bodi lbh ramping,paruh mungil agak kemerahan
Prenjak Merah/bambu : Bodi lbh kecil dr prenjak sawah,pendek,warna bulu dominan abu2,kepala agak merah,ekor abu2 pendek mengembang
Itu bbrp jenis yg saya tahu dan bnyk di pasaran..Istilah diatas adalah penyebutan didaerah Surabaya dan sktrnya

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright (c) 2010 Info dan Tips Perawatan Burung. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes And TM Web Design.