Wednesday, February 2, 2011

Asal Usul Burung Kenari Serinus Canaria

Burung kenari pertama kali di temukan oleh pelaut Perancis bernama JeaDeberthant cout di kepulauan Canari pada abat XV. Ia terkesan karena keindahan dan kemerduan suaranya. Kemudian ia lantas menjual burung tersebut ke daerah Spanyol dan beberapa daerah di benua Erofa. Keaneka ragaman jenis kenari ini yang sekarang merupakan perkembangan dan keturuinan kenari liar yang bernama Latin SERIFENUS CANARIUS. Banyaknya jenis kenari ini memang suatu proses baik akibat kondisi alam maupun perkawinan silang,yang telah terjadi sejak lebih dari lima abad yang lalu. Tersebarnya burung –burung kenari yang sampai keberbagai daerah dan menyesuaikan situasi daerahnya,memang berbeda dengan iklim dari daerah asalnya, Sehingga mampu beradaptasi dan terjadi evolusi,perbedaan itu bisa juga karena perkawinan dengan burung lain ( kawin silang). Hingga kini burung kenari hasil kawin silang tersebut telah mencapai ratusan jenis kenari, termasuk yang sampai saat ini tidak teridentifikasi.
Asal usul burung Kenari, Serinus Canaria, download suara kenari, kenari Nusantara
Perkembangan kenari
Dulu sejak kepulauan Canari di kuasai bangsa Spanyol tahun 1478,penangkapan burung kenari dilakukan secara besar besaran, sehingga burung tersebut di bawa ke Spanyol. Setelah disana ternyata burung kenari ini, di sukai oleh mayarakat Spanyol, kemudian di jadikan burung kesayangan di lingkungan kerajaan. Pada perkembangan selanjutnya, para ahli peternakan di Negara tersebut dapat menernakan dan berkembang biak. Yang menarik pada abad XVI Spanyol menjadi Negara pengeksport kenari pertama dengan cakupan Negara, Perancis, Jerman, Inggris, Italia, serta Negara negara erofa lainnya. Negara Spanyol hampir satu abad, mengusai perdagangan burung kenari.
Asal Usul Burung Kenari (Serinus Canaria) kita bahas di sini, dari mana berasal burung kenari, Cara penyebaran burung kenari, cara Ternak Kenari, Pakan Untuk Kenari, mari kita mulai saja Membahas asal usul Kenarihanya di Kicau Burung Nusantara.
Menyebarkan kenari ke berbagai negara Spanyol sangat berhati hati dan tidak ingin di saingi, dan dalam hal budi daya, warganya di larang menjual kenari betina ,sedang jantanlah yang di perbolehkan keluar/di perdagangkan keluar. Sedang sejak abad XVII Monopoli tersebut telah berubah,atau berhenti. Berakhirnya ini karena bangsa Italia sudah menemukan burung kenari dari pulau ELBA. Keberadaan burung kenari Elba, terjadi akibat kandasnya, sebuah kapal milik Spanyol yang membawa burung kenari di pertengahan abad XVI. Burung kenari yang berhasil selamat yang tidak ikut tenggelam tersebut, akhirnya dapat menenukan tempat yang cocok untuk berkembang biak di pulau ELBA. Bangsa Italia yang berhasil mengembangkan kenari tersebut,kemudian juga berhasil mengeksport keberbagai negara, Erofa termasuk juga Inggris, Rusia, dan jerman.Dan perkembangan selanjutnya akibat keuletan bangsa Jerman pulalah jerman dapat di katakan sebagai penghasil peternakan kenari, yang di antaranya hasil silangnya bernama kenari HANZERS atau RULLER, NEUN BERGER, TRYROLER, dan jenis kenari lainnya.
Perkembangan sesamA peternak kenari, Jerman lebih maju di banding dengan bangsa Spanyol dan Italia.Banyak peternak kenari di Erofa. Pada abad XVIII telah muncul dengan membuat perkumpulan burung kenari dan penangkarnya. Para penggiat kenari ini di upayakan, agar selalu dijaga kemurnian habitat, serta kenariny,apalagi bibt yang unggul ,yang bersuara merdu, bentuk tubuh dab keindahan bulunya, Selanjutnya permintaan kenari dari berbagai Negara yang hanya di ambil dari segi suaranya saja. Pemanfaatan kenari karena warna dan bulunya sangat menawan dagingnya gurih untuk di konsumsi mungkin di Indonesia dengan istilah sate kenari. Dengan banyaknya permintaan akan daging burung kenari tersebut, membuat penangkapan burung kenari di alam bebas di lakukan secara besar besaran,oleh bangsa Erofa, sehingga mengakibatkan pada abad ke XIX kenari di daerah asalnya menjadi minim bahkan dapat dikatakan punah. Setelah punahnya dari negara asalnya, perburuan kenari di lanjutkan ke berbagai pulau di sekitar Pulau Canary, yang sampai di sebelah barat daya selat Gibraltar, dekat pantai utara Afrika. Sedang Negara Inggris dalam perkembangannya juga telah berhasil menemukan kenari di pulau St. HELENA. Burung kenari dri pulai ini di kenal dengan nama SAINT HELENA FINK,selanjutnya di kembangkan di Inggris. Perkembangan kenari dari Negara Inggris, telah melahirkan beberapa kenari seperti Norwich,Scot, Fancy, London Fancy,Lizard dan banyak lagi lainnya, yang juga di kenal oleh para pendemen kenari dari Indonesia. Majalah burung pas.com juga mencatat negara Belanda yang yang kini di kenal sebagai pengekspor kenari ke Indonesia, justru burungnya di datangkan dari Inggris, Jerman,dan Belgia. Kenari- kenari tersebut telah di diternakan di belanda yang menghasilkan jenis kenari seperti BELGISCH, FICE DE PARIS, FRIS, DE ROBAIX ,SERINS HOLANDERS dan sebagainya, yang tidak asing juga sering di konteskan.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright (c) 2010 Info dan Tips Perawatan Burung. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes And TM Web Design.