Thursday, April 26, 2012

Tips Memilih Dan Membeli Burung

Kali ini saya mau berbagi informasi atau tips tentang bagaimana cara membeli dan memilih burung secara bijak, baik kepada teman sendiri ataupun dipasar ataupun juga datang kepada peternak langsung.

Sama halnya seperti kita pada saat akan membeli barang, membeli hewan peliharaan pun baik itu burung dan hewan peliharaan lainnya kita mesti membutuhkan ketelitian, kesabaran dan keyakinan serta jeli dalam memilih burung, ( maaf ) apalagi bagi para pemula yang baru mempunyai hobi memelihara burung berkicau.

Kita harus tahu betul dalam memilih burung dan kita harus menentukan, apa tujuan kita membeli dan memelihara burung tersebut? apakah hanya sekedar mengikuti teman atau tetangga yang sedang ramai mempunyai burung atau juga hanya  sekedar mengisi waktu kosong? atau memenuhi kesenangan kita ( koleksi burung ), atau hobi, atau untuk mengikuti lomba burung / kontes..? atau..atau..melulu nih…..

Baik dari semua beberapa yang saya sebutkan diatas dalam memilih burung, ada langkah-langkah dan pertimbangan yang mungkin dapat digunakan sebagai pedoman dalam membeli burung, diataranya yaitu:

  • Sebelum membeli burung, ada baiknya anda bertanya dahulu kepada teman-teman anda yang terdekat yang mungkin lebih mengetahui tentang burung baik itu burung yang untuk dilombakan atau sekedar burung untuk di rumah.
  • Heheheh….cari penjual burung yang benar dan jujur dunia akherat, penjual  burung yang jujur dia akan memberitahukan kwalitas burung dan kondisi burung yang akan dijualnya dan bisa juga dia akan memberitahukan asal muasal dan sifat-sifat burung tersebut yang akan dijualnya.
  • Pastikan Jenis kelamin ( jantan ) burung yang akan dibeli, karena jika anda ingin burung tersebut pada suatu saat akan dilombakan, karena itu bawalah teman terdekat anda yang mengetahui lebih banyak dalam perburungan pada saat akan membeli burung.
  • Untuk pehobi burung rumahan juga perlu memperhatikan suara dari burung yang akan dibeli, baik itu volume, variasi dan mungkin juga irama lagu dan bentuk fisik burung ini juga perlu diperhatikan agar tidak menyesal sesampainya dirumah.
  • Yang terakhir pertimbangan dalam membeli dan memilih burung yang harus diperhatikan adalah, burung harus sehat, burung sehat cenderung dia akan agresif dalam arti dia melakukan banyak gerakan ( Lincah ) serta jika berkicau suaranya akan terdengar sangat keras dan tajam ( setajam silet, =yang kemarin mengiris jari saya ampe berdarah-darah..wakakaak )artinya si burung tidak diam dan membisu.
  • Dan mungkin masih banyak lagi kriteria-kriteria sebelum membeli dan  memilih burung secara bijak, karena yang penting dalam memilih dan membeli burung kita harus teliti, jeli dan banyak bertanya kepada para pakar burung, dan carilah penjual yang jujur ( jujur kacang ijo ) dan dalam segi nonteknisnya adalah : SESUAIKAN dengan ISI DOMPET ANDA SEBELUM MEMILIH DAN MEMBELI BURUNG….istilahnya ada uang ada barang, sama dengan hal lain dalam membeli barang, ” barang kualitas bagus harganyapun bagus “, begitu juga berlaku pada burung. ” burung istimewa harganyapun istemewa “, tapi kita sebagai pembeli kembali pada prinsipnya, yaitu PRINSIP EKONOMI ehhehhheh, tawar serendah-rendahnya… ( bila perlu ampe gak bayar…wakakakak )
Sedikitnya mungkin hanya itu saja yang dapat saya bagikan tentang tips sebelum membeli burung, atas kekurang hal tersebut diatas mohon dimaklumi ya….

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright (c) 2010 Info dan Tips Perawatan Burung. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes And TM Web Design.