Monday, February 13, 2012

Cara Merawat Piyik Jalak Suren

Kicau Nusantara Merawat anakan Jalak Uren (Piyrk Jalak Uren), bagaimana setelah kita berhasil menangkarkan dan berhasil menjodohkan Jalak Uren, sekarang giliran bagaimana cara merawat anakan atau piyik jalak uren, begini cara perawatanya rekan Kicau Nusantara :

Anak jalak suren (piyik) yang sudah menetas diambil dan dipindahkan ke dalam box penghangat dijadikan satu dengan anakan lainnya yang seusia, agar mudah dalam parawatan dan pemberian makan. Piyik umur 0 – 3 hari dapat diberi makan kroto yang dibasahi air hangat. Umur 4 – 6 hari diberi kroto yang dicampur dengan air voer /poer. Umur 7 hari sudah dapat diberi makan voer yang basah dan dihaluskan. Umur 14 hari anakan dapat dikeluarkan dari box penghangat. Sampai umur kira-kira 1,5 bulan anakan disuapi voer basah, dan sedikit-sedikit akan mulai berlatih makan sendiri. Pada umur 2 bulan anakan jalak suren sudah bisa makan sendiri voer kering. Pada umur 2 – 3 bulan anakan dapat dipindahkan ke kandang pembesaran bila dimaksudkan untuk dijadikan indukan atau akan dijual pada usia dewasa.
Catatan kecil :
  • Harga piyik pecah telur saat ini 150rb / ekor
  • Harga anakan umur 3 bulan sekitar 250rb – 300rb / ekor
  • Harga jalak uren dewasa siap dijodohkan 500rb / ekor
  • Harga indukan yang sudah jodoh tetapi belum bertelur 1 – 1,5 juta
  • Harga indukan muda dengan sejarah bertelur yang baik diatas 2 juta / pasang
cara beternak jalak,jalak uren dan cara berternak,membedakan jalak uren jantan dan betinaBila ada yang menjual indukan dengan harga murah misalnya 1,3 juta kemungkinannya adalah :
  1. Umur antara jantan dan betina indukan tersebut terpaut jauh, sehingga nantinya akan mengurangi masa produktifnya karena salah satu induk sudah terlalu tua lebih dahulu. Tanda yang sangat sederhana untuk menaksir usia jalak suren dapat dilihat pada kaki bawah yang tidak ditumbuhi bulu. Kaki jalak suren muda masih berukuran relatif kecil dengan penampang relatif bulat. Semakin tua umurnya akan tumbuh semacam sisik atau kulit keras pada kaki ini. Sisik kaki yang semakin tebal dengan sudut semakin tajam (nglingir) dapat diperkirakan bahwa umurnya semakin tua.
  2. Indukan mempunyai sejarah bertelur yang kurang baik : sebagian telur atau seluruhnya sering tidak menetas karena infertil atau sebab lain, induk mempunyai kebiasaan mematuk dan membuang telur pada masa-masa mengerami.
  3. Indukan kondisinya tidak sehat
  4. Dan kemungkinan yang lain adalah : ANDA MEMANG BERUNTUNG !source : indobird.com
piyik jalak uren,harga anakan jalak uren,harga jalak uren anakan,makanan jalak uren

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright (c) 2010 Info dan Tips Perawatan Burung. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes And TM Web Design.