Wednesday, February 2, 2011

Cara Berternak Kenari Serinus Canaria

Tips Beternak Kenari on http://kicauburungnusantara.blogspot.com

Cara berternak Kenari dan Cara Budidaya Kenari, Kenapa kenari di budidayakan dan di kembangbiakkan ? karena berterak kenari sangat menguntungkan dan sangat menggiurkan dan yang tidak kalah menarik dengan budidaya dan berternak Kenari Hoby kita dirasakan sangat Memuaskan apabilakita berhasil membudidayakan dan mengembangbiakan kenari ini.
cara berternak kenari,budidaya kenari, persiapan  berternak kenari
1. Kebersihan
Banyak orang menilai bahwa kebersihan kandang dan lingkungan menjadi factor penentu utama keberhasilan dalam beternak kenari. Untuk kebersihan kandang sebisa mungkin dibersihkan tiap harinya (kotoran, sisa pakan, air minum, plangkringan, dan sarang). Namun fakta membuktikan bahwa lingkungan yang tidak cukup bersih pun tidak begitu berpengaruh. Namun saran saya adalah tetap dijaga kebersihannya.

2. Pakan
Pakan yang baik adalah pakan yang mempunyai kandungan gizi yang lengkap. Menu utama dari kenari sendiri adalah biji-bijian mix dengan segala macamnya. Selain itu diperlukan juga extra food untuk menunjang stamina burung, semisal saja: telor puyuh, buah apel, jagung, sawi hijau/putih, gambas dll. Ada juga beberapa peternak yang memberikan kroto kepada burung kenarinya.

3. Suplemen
Suplemen berfungsi sebagai penunjang stamina dan vitalitas burung. Suplemen yang baik adalah suplemen yang mempunyai fungsi yang jelas, selain itu perlu diperhatikan kadar zat yang terkandung dalam suplemen tersebut (walau kebanyakan jarang). Adapun beberapa suplemen untuk menjaga suara, merangsang suara, merangsang birahi, menjaga dan meningkatkan produktivitas telur, menjaga burung agar tidak stress (maaf jika tidak menyebut merk) dan masih banyak yang lainnya.

4. Ukuran Kandang
Ukuran kandang harus disesuaikan dengan ukuran si burung kenari. Semakin besar burungnya maka akan dibutuhkan kandang/sangkar yang semakin besar. Misalnya saja kenari Yorkshire yang membutuhkan kandang lebih besar daripada kenari lokal atau F1/F2.
Kandang untuk betina sendiri memang sangat relative, namun kebanyakan yang dijual memiliki ukuran yang relative hampir sama. Maka sebaiknya jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil. Lebih baik terlalu besar daripada terlalu kecil.

5. Kenyamanan
Kenyamanan yang dimaksud adalah mengenai lingkungan sekitar sebagai tempat beternak. Kenyamanan itu sendiri meliputi: tidak terlalu panas, tidak terlalu ribut (baik suara maupun aktivitas bergerak lainnya), tidak terlalu dingin, bersih dan aman dari gangguan hewan berbahaya lain seperti tikus, tokek, anjing, kucing, dll.
http://kicauburungnusantara.blogspot.com
Tips-tips beternak kenari tersebut merupakan tips awal sekaligus langkah awal dalam menyetting tempat agar dikondisikan baik bagi si burung nantinya. Dengan langkah awal yang baik maka diharapkan produksi yang baik pula.

Mengenai soal penjodohan, perawatan jenis kenari tertentu dan cara mengatasi cuaca buruk akan dibahas di tulisan selanjutnya, hehe….Penulis pun perlu komentar, saran dan kritik yang bisa ditulis di bawah ini. Saling bertukar pendapat, salam kenari mania

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright (c) 2010 Info dan Tips Perawatan Burung. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes And TM Web Design.